PNJ

Akademik dan Kemahasiswaan

politeknik negeri jakarta


Penjelasan


Pengukuran dan Penilaian

Penilaian kemampuan akademik mahasiswa dilakukan setiap saat untuk setiap mata kuliah dengan cara pemberian tugas, pekerjaan rumah, ujian dan bentuk lain yang diberikan selama proses belajar. Pada setiap semester dilakukan minimum 2 (dua) kali penilaian untuk mata kuliah, yaitu pada tengah semester dan akhir semester.Jadwal penilaian terstruktur pada tengah dan akhir semester diatur oleh jurusan. Mahasiswa dapat dinilai kemampuan akademiknya apabila telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :

Terdaftar secara administratif dan akademik pada semester yang berlangsung. Membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang berlaku pada semester yang berlangsung untuk mengikuti ujian. Untuk penilaian kemampuan akademik mahasiswa, digunakan penilaian akhir yang dinyatakan dalam Tabel 4.

Mahasiswa yang mengulang mata kuliah yang telah memiliki nilai C, maka nilai yang diperhitungkan adalah nilai terakhir yang diperoleh. Pada setiap akhir semester, mahasiswa memperoleh nilai hasil belajarnya dalam bentuk Daftar Nilai Semester (DNS).

Persyaratan menjadi Sarjana Diploma III dan IV Politeknik

* Persyaratan menjadi sarjana Diploma IV, yaitu telah mencapai 144 sampai 160 SKS sesuai dengan mata pelajaran yang telah diwajibkan oleh masing-masing program studi .

Masa Studi

* Masa studi untuk memperoleh gelar sarjana Diploma III Politeknik Negeri Jakarta adalah 6 (enam) semester atau 3 (tiga) tahun, sedangkan masa studi maksimum adalah 10 (sepuluh) sepuluh atau 5 (lima) tahun (termasuk cuti akademik) terhitung sejak saat semester awal seorang mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta.

* Masa studi untuk memperoleh gelar sarjana Diploma IV di Politeknik Negeri Jakarta adalah 8 delapan) semester atau selama 4 (empat) tahun. Masa studi maksimum untuk jenjang D-IV adalah 7 (tujuh) tahun (termasuk cuti akademik), terhitung sejak saat seorang mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta.

Putus Studi/Drop - out

Mahasiwa kehilangan haknya untuk meneruskan studi (putus studi) bila memenuhi salah satu atau lebih butir di bawah ini. Telah melampaui batas masa studi.

Tidak dapat mencapai prestasi minimal yang dibebankan pada saat evaluasi keberhasilan studi mahasiswa yang dilakukan sesuai jadwal. Tidak melaksanakan registrasi administrasi dan atau registrasi akademik 2 (dua) semester berturut-turut. Terkena peraturan lain yang dapat menyebabkan mahasiswa tersebut kehilangan haknya menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta.

CUTI AKADEMIK

Cuti akademik direncanakan

Cuti akademik direncanakan merupakan cuti akademik yang diberikan atas kehendak mahasiswa bersangkutan. Permohonan cuti akademik direncanakan diajukan oleh mahasiswa bersangkutan sebelum pelaksanaan registrasi administrasi, dengan mengisi formulir yang tersedia di Sub Bagian Akademik. Permohonan cuti akademik direncanakan diajukan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum hari pertama registrasi administrasi, pemohon dikenakan pembayaran 25% biaya pendidikan. Apabila pengajuan permohonan cuti akademik tidak sesuai dengan ayat (3) diatas ini, pemohon dikenakan pembayaran 100% biaya pendidikan. Mahasiswa yang memperoleh cuti akademik direncanakan, masa studi tidak diperpanjang dan waktu evaluasi keberhasilan studinya disesuaikan.

Cuti akademik tidak direncanakan

Cuti akademik tidak direncanakan merupakan cuti akademik yang diberikan tidak atas kehendak mahasiswa bersangkutan. Pemohonan cuti akademik tidak direncanakan karena alasan sakit atau kecelakaan, dapat diajukan oleh mahasiswa bersangkutan selama semester berjalan dengan cara mengisi formulir yang disediakan Sub Bagian Pendidikan. Permohonan cuti akademik tidak direncanakan karena alasan sakit lebih dari 1 (satu) bulan harus mendapatkan rekomendasi dari dokter Pusat Kesehatan Mahasiswa (PKM). Permohonan cuti akademik tidak direncanakan diajukan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari pertama registrasi administrasi, pemohon dikenakan pembayaran 25% biaya pendidikan. Permohonan cuti akademik tidak direncanakan bila diajukan setelah berakhirnya registrasi akademik, pemohon dikenakan pembayaran 100% biaya pendidikan. Mahasiswa yang memperoleh cuti akademik tidak direncanakan, masa studi diperpanjang dan waktu evaluasi keberhasilan studinya disesuaikan.

Cuti Akademik Akibat Mengulang

Cuti akademik akibat mengulang merupakan cuti akademik yang disebabkan mahasiswa bersangkutan mendapatkan status kelulusan tidak lulus. Selama cuti akademik akibat mengulang mahasiswa tersebut dikenakan pembayaran 25% SPP.

Cuti Akademik Akibat Ketidakhadiran

Cuti akademik akibat ketidakhadiran merupakan cuti akademik yang diberikan kepada mahasiswa karena ketidakhadirannya telah melebihi 114 jam dalam satu semester. Cuti akademik akibat ketidakhadiran hanya diberikan kesempatan paling banyak 1 kali selama masa pendidikan. Selama cuti akademik akibat ketidakhadiran mahasiswa bersangkutan dikenakan pembayaran 25% SPP.

Persyaratan Cuti Akademik

Cuti akademik direncanakan dan cuti akademik tidak direncanakan hanya dapat diberikan kepada mahasiswa yang telah mengikuti program akademik pada semester 1 dan semester 2. Mahasiswa yang memperoleh cuti akademik direncanakan, cuti akademik tidak direncanakan, cuti akademik akibat mengulang dan cuti akademik akibat ketidakhadiran wajib melaksanakan registrasi administrasi.

Ijazah dan Transkrip Nilai

Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus menjadi Ahli Madya Politeknik Negeri Jakarta, dapat mengurus ijazah serta transkrip akademik sesuai dengan prosedur yang berlaku. Ijazah dan transkrip akademik yang sudah selesai dapat diambil di Sub Bagian Akademik.

Ijazah

Mahasiswa lulus D-III atau D-IV yang dinyatakan dalam laporan yudisium memperoleh ijazah setelah memenuhi persyaratan tertentu seperti bebas pinjam perpustakaan atau persyaratan lain yang ditentukan oleh jurusan.

“Ahli Madya Politeknik” disingkat Amd. dan lulusan Diploma IV disebut “Sarjana Sains Terapan” disingkat SST.

Transkrip Akademik

Seluruh mata kuliah yang pernah diambil oleh mahasiswa akan ditampilkan dalam transkrip akademik dan Indeks Prestasi Kumulatif dihitung berdasarkan jumlah seluruh nilai mata kuliah yang dicapai dibagi dengan total SKS yang ditempuh..

Transkrip akademik secara otomatis diproses oleh Sub Bagian akademik Politeknik Negeri Jakarta. Lulusan Politeknik negeri Jakarta dapat menerima trankrip nilainya paling lama 1 (satu) minggu setelah diterimanya laporan yudisium dari jurusan.

Pelanggaran dan SanKsi.

Segala bentuk pelanggaran tata tertib maupun tindakan kecurangan akademik, seperti dengan melihat catatan, pekerjaan peserta lain, kerjasama dengan peserta lain atau mahasiswa diluar ruangan, dan menggantikan atau digantikan oleh mahasiswa lain pada saat ujian, sesuai ketentuan/ketetapan yang ada dapat dikenakan sanksi mulai dari snaksi akademik berupa pembatalan nilai (Pemberian nilai E), pembatalan studi satu semester, skorsing hingga sanksi dikeluarkan (pemberhentian sebagai mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta).

Pembimbing Akademik

Pembimbing akademik adalah seorang staf pengajar yang ditunjuk oleh Ketua Jurusan masing-masing. Fungsi Pembimbing akademik adalah sebagai tempat mahasiswa berkonsultasi mengenai berbagai masalah akademis yang mereka hadapi.

Monitoring Perkuliahan

Pelaksanaan perkuliahan dilaksanakan secara sistematis dan terpola seperti terlihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Bagan Alur Monitoring Perkuliahan

Wisuda

Wisuda dilaksanakan pada awal bulan Nopember bagi mahasiswa yang selesai tugas akhir dan memenuhi seluruh persyaratan administrasi dan akademik.