PNJ

Akademik dan Kemahasiswaan

politeknik negeri jakarta


Kompetensi Program Studi


JURUSAN TEKNIK SIPIL

Jurusan Teknik Sipil menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyelia atau pelaksana dalam industri konstruksi dengan spesifikasi D-3 Teknik Konstruksi Gedung (TKG), D-3 Teknik Konstruksi Sipil (TKS), S-1 Terapan Perancanganan Jalan dan Jembatan (PJJ), dan S-1 Terapan Teknik Konstruksi Gedung (TKG).

Keunggulan Jurusan Teknik Sipil salah satunya telah menggunakan kurikulum yang berbasis kompetensi industri yang senantiasa dikembangkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri (pengguna) dan tuntutan perkembangan teknologi dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja sehingga lulusannya selalu terserap di dunia kerja.

Dalam menjalankan misinya sebagai institusi pendidikan, Jurusan Teknik Sipil mampu menampung mahasiswa sebanyak 37 kelas dengan kapasitas 24 mahasiswa per kelasnya dengan jumlah mahasiswa sekitar 900 orang. Jurusan Teknik Sipil memiliki tenaga pengajar tetap yang kompeten sebanyak 64 orang, disamping tenaga pengajar yang merupakan para praktisi dari perusahaan yang memiliki kerja sama dengan PNJ. Lulusan yang telah dihasilkan sebanyak 3.620 orang, telah bekerja di berbagai perusahaan nasional maupun asing dan instansi pemerintah dan sebagai wirausahawan.

PROGRAM STUDI D-3 TEKNIK KONSTRUKSI GEDUNG (TKG), terakreditasi A

Program Studi Teknik Konstruksi Gedung merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3 bertujuan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sebagai tenaga ahli menengah professional dalam bidang konstruksi bangunan gedung seperti perumahan dan gedung bertingkat. Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain adalah Mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Manajemen Konstruksi Beton, Konstruksi Baja. Program studi ini terdiri atas program reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan.

Lulusan Program Studi D-3 Teknik Konstruksi Gedung dengan gelar Ahli Madya (A.Md.) mempunyai kesempatan mengisi posisi pada perusahaan kontraktor sebagai pelaksana lapangan, pada perusahaan konsultan sebagai pengawas lapangan dan asisten perencana, serta sebagai wirausahawan bidang bangunan gedung.

PROGRAM STUDI D-3 TEKNIK KONSTRUKSI SIPIL (TKS), terakreditasi A

Program Studi Teknik Konstruksi Sipil merupakan pendidikan vokasi Diploma 3 bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia sebagai tenaga professional dalam bidang konstruksi bangunan sipil seperti jalan, jembatan, bangunan irigasi, dan bangunan air bersih. Mata kuliah inti yang diajarkan adalah Gambar Teknik, Konstruksi Jalan Raya, Konstruksi Baja dan Jembatan, Konstruksi Bangunan Sipil, Konstruksi Beton, dan Prategang. Program studi ini terdiri atas Program Reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan.

Lulusan Program Studi Teknik Konstruksi Sipil dengan gelar Ahli Madya (A.Md.) mempunyai kesempatan mengisi posisi di perusahaan kontraktor sebagai pelaksana, di perusahaan konsultan sebagai asisten perencana dan pengawas pelaksanaan serta mampu berwirausaha di bidang bangunan jalan, jembatan, irigasi dan bangunan air bersih.

KONSENTRASI D-3 MANAJEMEN KONSTRUKSI (MK)

Konsentrasi Manajemen Konstruksi yang berdiri pada tahun 2005 adalah bagian dari Program Studi D-3 Teknik Konstruksi Gedung yang dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia sebagai tenaga ahli menengah profesional yang mampu mengelola kegiatan proyek konstruksi mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian serta mampu melakukan kontrak konstruksi dan hubungan bisnis pada bidang bangunan gedung. Lulusan diharapkan mampu bekerja di perusahaan konsultan manajemen konstruksi serta menjadi wirausahawan bidang bangunan gedung.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN PERANCANGAN JALAN DAN JEMBATAN (PJJ), terakreditasi B

Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan telah berdiri sejak tahun 2003 dan memiliki satu konsentrasi yaitu Konsentrasi S-1 Terapan Jalan Tol. Program Studi ini dikembangkan untuk mengisi tenaga ahli profesional di bidang jalan dan jembatan. Program studi S-1 Terapan Perancangan Jalan dan Jembatan terdiri atas Program Reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan dan Program Lanjutan untuk Lulusan D-3.

Pengembangan Program Studi ini terinspirasi oleh adanya kebutuhan SDM sebagai tenaga ahli professional bidang jalan dan jembatan khususnya dalam menangani berbagai kasus kerusakan yang membutuhkan perawatan dan rehabilitasi. Kurikulum yang digunakan berbasis kompetensi industri yang senantiasa dikembangkan menyesuaikan kebutuhan industri (pengguna), dan tuntutan perkembangan teknologi tanpa meninggalkan aspek lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja. Lulusan Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan dengan gelar S.Tr. (Sarjana Terapan) memiliki kesempatan mengisi posisi sebagai perancang dan pelaksana konstruksi, pengawas pelaksanaan serta pelaksana perawatan dan perbaikan jalan dan jembatan.

KONSENTRASI S-1 TERAPAN JALAN TOL (JT)

Konsentrasi Jalan Tol dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli profesional yang masih sangat langka dalam penyelenggaraan jalan tol mulai dari tahapan survey pradesain, perencanaan, pelaksanaan hingga pengelolaan pada tahap operasional sampai dengan pemeliharaan. Program studi S-1 Terapan Jalan Tol terdiri atas Program Reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan dan Program Lanjutan untuk Lulusan D-3.

Keunggulan Konsentrasi S-1 Terapan Jalan Tol merupakan program pendidikan yang hanya ada di Politeknik Negeri Jakarta. Dalam menjalankan fungsinya sebagai institusi pendidikan didukung oleh tenaga pengajar yang professional dari PT Jasa Marga (Persero) yang terkait dengan ilmu praktis di lapangan dalam bidang jalan tol. Kurikulum yang digunakan berbasis kompetensi industri yang senantiasa dikembangkan menyesuaikan kebutuhan industri dan tuntutan perkembangan teknologi tanpa meninggalkan aspek lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja. Lulusan Konsentrasi S-1 Terapan Jalan Tol memiliki kesempatan mengisi posisi sebagai pelaksana di perusahaan kontraktor jalan tol, sebagai pengawas pelaksanaan konstruksi dan sebagai pengelola jalan tol serta sebagai wirausahawan dalam bidang jalan tol.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN TEKNIK KONSTRUKSI GEDUNG (TKG)

Program Studi S-1 Terapan Teknik Konstruksi Gedung merupakan program studi yang baru dikembangkan pada tahun 2013. Pada saat ini, baru terselenggara S-1 Lanjutan Konsentrasi Manajemen Konstruksi, yang lulusannya diharapkan dapat mengisi posisi sebagai konsultan manajemen konstruksi untuk industri konstruksi gedung, dan sebagai manajer lapangan pada pelaksanaan konstruksi gedung.

Keunggulan dari program studi ini adalah merupakan program studi yang masih langka di Indonesia. Selama belajar mahasiswa diberikan materi tentang Manajemen proyek dan K3 secara dominan. Kurikulum yang digunakan berbasis kompetensi industri yang senantiasa dikembangkan menyesuaikan kebutuhan industri dan tuntutan perkembangan teknologi tanpa meninggalkan aspek lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja konstruksi dan hubungan bisnis pada bidang bangunan gedung.

JURUSAN TEKNIK MESIN

Jurusan Teknik Mesin menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyelia atau pelaksana dalam industri manufaktur, energi, dan optimasi serta perawatan alat berat. Jurusan Teknik Mesin berdiri pada tahun 1982, ketika itu jurusan ini hanya memiliki satu program studi yaitu Teknik Mesin dengan tiga konsentrasi, perancangan, produksi dan perawatan. Dengan berjalannya waktu dan kebutuhan akan tenaga profesional dalam bidang energi maka pada 1985 Jurusan Teknik Mesin membuka program studi baru yaitu PS Teknik Energi yang selanjutnya dikenal dengan nama teknik konversi energi.

Kemudian tahun 2001 kembali jurusan Teknik Mesin membuka satu program studi lagi yaitu PS Alat Berat kerjasama dengan PT Trakindo. Dan pada tahun 2013 jurusan Teknik Mesin membuka program S-1 Terapan dengan dua program studi yaitu PS Teknik Manufaktur dan PS Teknik Pembangkit Tenaga Listrik. Hingga saat ini jurusan Teknik Mesin telah mencetak sekitar 7000 tenaga ahli madya di bidang permesinan, yang tersebar di sebagian besar perusahaan nasional maupun internasional.

PROGRAM STUDI D-3 TEKNIK MESIN (TM), terakreditasi B

Kompetensi lulusan Program Studi D-3 Teknik Mesin ialah keahlian terapan di bidang teknik mesin, memiliki kompetensi bidang teknik mesin yang dapat mengisi kebutuhan industri yang bergerak dibidang teknik mesin, menyiapkan kebutuhan tenaga ahli di bidang teknik mesin, menghasilkan dan mengembangkan karya penelitian terapan di bidang teknik mesin, dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk konsultasi dan pelatihan di bidang permesinan. Program studi ini terdiri atas program reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan.

PROGRAM STUDI D-3 TEKNIK KONVERSI ENERGI (TKE), terakreditasi B

Program Studi Teknik Konversi Energi merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, berdiri tahun 1991, memadukan bidang Ilmu Teknik Mekanik dan Listrik, mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam bidang sistem energi yang mesinergikan aspek konversi dan konservasi energi. Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain Teknik Elektronika, Elektronika Daya, Teknik Tegangan Tinggi, Mesin Listrik, Mesin Termal, Computer Aided Design (CAD), Energi Terbarukan, Distribusi dan Transmisi, Manajemen Energi, Praktek Audit dan Optimasi Energi, Praktek Mesin Konversi Energi, dan Praktek Kerja Lapangan di Industri Pembangkit.

Kompetensi lulusan mampu mengisi kebutuhan industri di bidang pembangkitan tenaga listrik dan konservasi energi untuk level penyelia, mampu menciptakan peluang usaha bidang teknik konversi energi, mampu menghasilkan dan mengembangkan karya penelitian terapan untuk bidang keenergian, mampu menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk konsultasi dan pelatihan di bidang keenergian, mampu mengembangkan kemitraan dengan industri bidang pembangkitan yang berbasis pada pengetahuan dan teknologi. Program studi ini terdiri atas Program Reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA

PROGRAM STUDI D-3 ALAT BERAT (AB), terakreditasi B

Program Studi Alat Berat merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, berdiri tahun 2006, bekerja sama dengan PT Trakindo Utama mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam industri alat berat yang mampu merencanakan, melakukan, mengorganisasikan, mengoordinasikan pencegahan kerusakan, perawatan dan perbaikan alat berat serta menganalisis gangguan kerusakan pada alat berat (traktor, escavator, tronton, dan genset). Mata kuliah inti yang diajarkan antara lain adalah Basic Mechanic, Vehicle Electric, Hydraulic System, Power Train, dan Electronic Engineer. Program studi ini terdiri atas Program Reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan.

Pendidikan yang dilaksanakan berbasis kompetensi Industri Alat Berat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan supervisi di bidang Alat Berat, dapat menghasilkan dan mengembangkan karya penelitian terapan dibidang alat berat, dapat menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk konsultasi dan pelatihan di bidang alat berat, serta dapat mengembangkan kemitraan dengan industri alat berat yang berbasis pengetahuan dan teknologi modern.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN TEKNIK MANUFAKTUR (TMT)

Program Studi S-1 Terapan Teknik Manufaktur mulai berdiri tahun 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 166/E/O/2013. Program studi ini merupakan pusat pendidikan vokasi dan pengembangan sumber daya manusia di bidang Teknologi Proses Manufaktur yang memiliki kompetensi dalam Teknologi Manufaktur Modern yang mengikuti perkembangan jaman serta mampu memiliki wawasan kewirausahaan melalui pembelajaran berbasis kompetensi. Program studi ini terdiri atas Program Reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan.

Program Studi ini mampu menghasilkan dan mengembangkan sumber daya manusia profesional di bidang Teknologi Manufaktur, berperan aktif dalam meningkatkan keahlian dan ketrampilan yang berbasis kompetensi, menghasilkan tenaga terampil di bidang teknologi proses manufaktur yang berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri, berbudaya, berwawasan lingkungan dan menguasai serta mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional, meningkatkan kemampuan karya nyata di bidang teknologi proses manufaktur yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Program studi mampu menghasilkan tenaga kerja vokasional dibidang teknologi proses manufaktur, memiliki kemampuan mengembangkan teknologi proses manufaktur melalui pembekalan pengetahuan dan praktek secara terpadu.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN TEKNIK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK (TPTL)

Program Studi S-1 Terapan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik mulai berdiri sejak tahun 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 166/E/O/2013 merupakan program studi yang unggul bertaraf Internasional dalam bidang Pembangkit Tenaga Kelistrikan.

Program Studi ini mampu berperan aktif dalam meningkatkan keahlian dan keterampilan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi pembangkit ketenagakelistrikan, dapat menghasilkan tenaga terampil yang berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri berbudaya dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional, mampu meningkatkan kemampuan penciptaan karya nyata di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pembangkit yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Lulusan mampu bekerja sebagai ahli operasi, pemeliharaan dan inspeksi di bidang Pembangkit Tenaga Listrik yang menggunakan sumber energi terbarukan seperti Energi Air dan Panas Bumi, dan energi tak terbarukan seperti: Minyak Bumi, Batubara, dan Gas, serta mampu meningkatkan kinerja dan efisiensi pembangkit tenaga listrik, disamping itu juga dapat bekerja mandiri untuk membuka usaha/jasa dibidang pemeliharaan Pembangkit Tenaga Listrik

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Jurusan Teknik Elektro menyiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli menengah profesional yang kompeten yang dapat mengisi posisi penyelia atau pelaksana dalam bidang teknik elektro. Saat ini Jurusan Teknik Elektro memiliki enam program studi yaitu Teknik Elektronika Industri, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, Instrumentasi dan Kontrol Industri, Teknik Otomasi Listrik Industridan Broadband Multimedia.

PROGRAM STUDI D-3 TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI (TEI), terakreditasi B

Program Studi Teknik Elektronika Industri merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, berdiri pada tahun 1982. Tujuan pendidikan program studi ini adalah mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten yang mampu merancang bangun dan melakukan pemeliharaan sistem berbasis elektronika atau komputer, memiliki dua bidang peminatan yaitu Instrumentasi Industri, dan mekatronika.

Dengan kompetensi lulusan memungkinkan untuk berkontribusi di industri khususnya yang terkait dengan proses instrumentasi dan kontrol atau lebih dikenal dengan otomasi industri seperti industri manufaktur, otomotif, elektronika dan perminyakan atau berwirausaha di bidangnya. Pertengahan tahun 2013 bekerja sama dengan NI LabView Academy dalam pelatihan dan sertifikasi international. Hal ini dilakukan dalam upaya menyongsong era pasar bebas dan memberikan bekal bagi lulusan yang berkompeten untuk disertifikasi secara internasional.

PROGRAM STUDI D-3 TEKNIK LISTRIK (TL), terakreditasi B

Program Studi Teknik Listrik adalah pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, berdiri tahun 1982 yang bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional dan kompeten dalam bidang ketenagalistrikan yang mampu merancang, memasang, mengoperasikan, memelihara dan menginspeksi pekerjaan yang meliputi: instalasi listrik penerangan, Instalasi Alat Pengukur dan Pembatas (APP), Instalasi Sistem Penangkal Petir, Instalasi Jaringan Tegangan Rendah (JTR) Tegangan Menengah (JTM), Instalasi Kontrol Motor Listrik dan Otomasi Listrik Industri, serta Pembangkit (PLTS, PLTA mikro dan PLTD). Program studi ini menyelenggarakan program regular untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang Teknik Elektro. Lulusan Program studi Teknik Listrik mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia dan pelaksana diberbagai industri dan perusahaan ketenagalistrikan.

PROGRAM STUDI D-3 TEKNIK TELEKOMUNIKASI (TT), terakreditasi B

Program Studi Teknik Telekomunikasi merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, yang berdiri pada tahun 1986 bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam bidang telekomunikasi. Lulusannya mampu melakukan pengukuran dan pengujian transmitter, receiver, router, saluran transmisi (tembaga kabel optik), dan kinerja sistem (BER SNR) pada sistem telekomunikasi; melakukan pabrikasi berbagai macam antenna, mikrostrip, embedded system, dan perakitan rangkaian telekomunikasi seperti PABX, Handy Talky, pemancar dan penerima; melakukan perawatan dan perbaikan peralatan telekomunikasi seperti BTS, TV, dan radio; mengembangkan aplikasi perangkat lunak berbasis web dan aplikasi berbasis mikrokontroller pada sistem telekomunikasi.

Program Studi Teknik Telekomunikasi membuka program reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang Teknik Elektro. Lulusan Program Studi Teknik Telekomunikasi mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia, pelaksana, dan berwiraswasta di berbagai bidang industri jasa telekomunikasi.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN INSTRUMENTASI DAN KONTROL INDUSTRI (IKI)

Program Studi Teknik Instrumentasi dan Kontrol Industri(IKI) didirikan pada tahun 2013, yaitu sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 456/E/0/2013 tangga 27 September 2013, terdiri dari program regular dan lanjut jenjang. Program pendidikan reguler merupakan pendidikan lanjutan dari SMA/SMK/MA yang relevan dengan lama pendidikan empat tahun yang dibagi menjadi delapan paket semester. Sedangkan program lanjut jenjang dibagi menjadi tiga paket semester, dan merupakan pendidikan lanjutan dari Diploma 3 (sebidang). Lulusan PS IKI berada pada Level-6 (Teknisi Ahli) dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dengan kualifikasi mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang instrumentasi dan kontrol di industri, serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah; menguasai konsep teoritis bidang otomasi industri secara umum dan konsep teoritis bidang instrumentasi dan kontrol industri secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural; mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif; bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN TEKNIK OTOMASI LISTRIK INDUSTRI (TOLI)

Program Studi Teknik Otomasi Listrik Industri berdiri sejak tahun 2013 sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 456/E/0/2013 tanggal 27 September 2013 dengan jenjang S-1 Terapan, bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional dan kompeten dalam bidang Otomasi Listrik Industri yang mampu merancang, memasang, mengoperasikan, memelihara, dan menginspeksi, serta menganalisa pekerjaan yang meliputi: instalasi sistem ketenagalistrikan, instrumen, sistem jaringan dan komunikasi data industri, sistem kontrol dan monitoring PLC, DCS, dan SCADA serta gedung bertingkat (Building Automation System).

Program Studi Teknik Otomasi Listrik Industri menyelenggarakan program regular untuk lulusan SMA/MA IPA dan SMK bidang Teknik Elektro dan program lanjutan untuk lulusan Diploma 3 bidang teknik elektro. Lulusannya mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia, pelaksana, supervisor, manager di berbagai industri dan perusahaan otomasi ketenagalistrikan, serta berwirausaha sebagai desainer sistem otomasi.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN BROADBAND MULTIMEDIA (BM)

Program Studi S-1 Terapan Broadband Multimedia didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 27 September 2013 Nomor 456/E/0/2013. Program ini menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Broadband Multimedia dengan penekanan pada broadband communication dengan muatan multimedia yang mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dengan menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan khusus dalam bidang broadband multimedia, memformulasikan penyelesaian masalah prosedural di bidang Broadband Multimedia, mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok, serta bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. Kompetensi ini dibutuhkan pada jabatan planning, desainer, pelaksana di bidang Telekomunikasi Broadband Multimedia pada operator jasa telekomunikasi baik di pemerintahan maupun perusahan nasional atau asing. Program ini terdiri atas Program Reguler untuk lulusan SMA/SMK/MA yang relevan dan Program Lanjutan untuk Lulusan D-3.

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (TIK) diresmikan pada 2 Juni 2014, bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana sains terapan yang berpengalaman dan mampu memecahkan masalah dalam bidang Teknik Informatika dan Komputer dengan menganalisis, merancang dan membangun sistem.

Saat ini Jurusan Teknik Informatika dan Komputer memiliki tiga program studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Teknik Komputer dan Jaringan. Selain itu, terdapat beberapa program kerja sama baik dalam negeri maupun luar negeri. Kelas program kerja sama dalam negeri yang diselenggarakan oleh Jurusan TIK bekerja sama dengan B2PKLN Cevest Bekasi, dan bekerja sama dengan CCIT Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Sedangkan kerjasama luar negeri antara Jurusan TIK dan Asia e-University Malaysia adalah Teknik Informatika AeU, dan Teknik Multimedia dan Jaringan AeU.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN TEKNIK INFORMATIKA (TI)

Program Studi S-1 Terapan Teknik Informatika diselenggarakan tahun 2010 berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti Nomor 217/D/O/2010 tanggal 17 Desember 2010. Program studi ini memiliki kelas reguler, kelas kerja sama AeU, kelas kerja sama CCIT, dan kelas kerja sama Cevest. Kelas reguler S-1 Terapan TI memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang dibagi menjadi delapan paket semester. Kelas kerja sama S-1 Terapan TI AeU memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang terdiri dari tiga tahun (enam semester) masa studi di Jurusan TIK PNJ, dan satu tahun masa studi di kampus Asia e-University, Kualalumpur Malaysia. Kelas kerja sama S-1 Terapan CCIT Fakultas Teknik UI memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang dibagi menjadi delapan paket semester. Perkuliahan dilakukan di kedua kampus, PNJ dan FT UI. Kelas kerja sama S-1 Terapan TI Cevest memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang dibagi menjadi delapan paket semester. Perkuliahan dilakukan di B2PKLN Cevest Bekasi.

Program Studi Teknik Informatika bertujuan menghasilkan lulusan yang berpengalaman dan mampu memecahkan masalah dalam bidang Teknik Informatika dengan menganalisis, merancang dan membangun serta mengelola sistem yang terintegrasi.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN TEKNIK MULTIMEDIA DAN JARINGAN (TMJ)

Program Studi S-1 Terapan Teknik Multimedia dan Jaringan diberikan mandat oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Program studi ini memiliki kelas reguler, dan kelas kerja sama AeU. Kelas reguler S-1 Terapan TMJ memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang dibagi menjadi delapan paket semester. Kelas kerja sama S-1 Terapan TMJ AeU memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang terdiri dari tiga tahun (enam semester) masa studi di Jurusan TIK PNJ, dan satu tahun masa studi di kampus Asia e-University, Kualalumpur Malaysia.

Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan bertujuan menghasilkan lulusan yang berpengalaman dan mampu menganalisis, merancang, dan membangun sistem berbasis multimedia berdasarkan keahlian dalam bidang teknologi multimedia, digital animasi, dan pemrograman konten media digital.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ)

Program Studi S-1 Terapan Teknik Komputer dan Jaringan diberikan mandat oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Program Studi TKJ bertujuan menghasilkan lulusan yang berpengalaman dan mampu merancang bangun dan mengkonfigurasi jaringan komputer dan aplikasi berskala enterprise. Kelas reguler S-1 Terapan TMJ memiliki waktu pendidikan selama empat tahun yang dibagi menjadi delapan paket semester.

JURUSAN AKUNTANSI

Jurusan Akuntansi didirikan untuk menghasilkan tenaga ahli madya profesional dan kompeten dalam bidang akuntansi serta bidang keuangan dan perbankan baik konvensional maupun syariah. Jurusan Akuntansi mendidik dan menghasilkan tenaga siap kerja yang akan mengisi posisi pelaksana dan atau penyelia pada berbagai macam industri. Jurusan Akuntansi menyelenggarakan enam program studi yaitu, D-3 Akuntansi, D-3 Keuangan Perbankan, dan S-1 Terapan Keuangan Perbankan Syariah, S-1 Terapan Akuntansi, dan S-1 Terapan Keuangan dan Perbankan, dan S-1 Terapan Manajemen Keuangan

PROGRAM STUDI D-3 AKUNTANSI (AK), terakreditasi A

Program Studi Akuntansi merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, berdiri tahun 1986, menyelenggarakan dan mengembangkan proses belajar mengajar secara teoritis dan praktis yang berkualitas dalam bidang akuntansi yang relevan dengan kebutuhan masa kini dan perkembangan teknologi informasi. Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang akuntansi dan pengabdian kepada masyarakat. Mengembangkan Program Studi Akuntansi yang bermutu dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan perubahan lingkungan.

Program Studi Diploma 3 Akuntansi menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI (Kerangka Kerja Nasional Indonesia). Berdasarkan level KKNI lulusan Diploma III berada pada level 5 dengan learning outcome.

PROGRAM STUDI D-3 KEUANGAN DAN PERBANKAN (KP), terakreditasi A

Program Studi D-3 Keuangan dan Perbankan merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, berdiri tahun 1986 menyelenggarakan dan mengembangkan proses belajar mengajar secara teoritis dan praktis yang berkualitas dalam bidang sektor keuangan dan perbankan, kemampuan analisis pembiayaan, kemampuan analisis risiko portofolio, kemampuan merencanakan, melaksanakan pengendalian dan supervisi di lembaga keuangan, kemampuan memasarkan produk dan jasa keuangan, menggunakan aplikasi teknologi informasi di bidang keuangan.

Kopetensi Lulusan Program Studi D-3 Keuangan dan Perbankan yang berjiwa wirausaha yang mampu mengidentifikasi kesempatan dan peluang bisnis, menyusun bisnis plan.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN KEUANGAN DAN PERBANKAN SYARIAH (KPST), terakreditasi B

Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah merupakan pendidikan vokasi jenjang S-1 Terapan yang berdiri pada tahun 2009 berdasarkan surat ijin DIKTI No. 1934/D/T/2009 tanggal 28 Oktober 2009. Tujuan program ini mempersiapkan sumber daya insani yang profesional dan kompeten dalam bidang keuangan dan perbankan syariah yang menguasai dengan baik ilmu-ilmu ekonomi, keuangan dan perbankan Islam seperti ayat dan hadits ekonomi, Fiqih muamalah ekonomi, pemikiran ekonomi Islam, ekonomi mikro/makro Islam, manajemen pembiayaan syariah serta produk dan jasa bank syariah, disertai dengan internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sehingga menghasilkan pribadi yang memiliki integritas Islami (Islamic Personal Integrity) yang kuat, penguasaan wawasan dan keilmuan yang up to date mengenai perbankan syariah dan pengelolaannya, serta penguasaan atas keterampilan manajerial dan perangkat-perangkat pengambil keputusan dalam pengelolaan lembaga keuangan syariah, khususnya perbankan syariah. Program ini juga mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki keahlian hubungan pribadi dan antarpribadi (personal dan interpersonal skills) yang baik dan berjiwa wirausaha.

Lulusan Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah dapat bekerja pada industri perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah lainnya (asuransi syariah, pegadaian syariah, pasar modal syariah, reksadana syariah, dll) sebagai analis pembiayaan, pengembangan produk, maupun pemasaran. Profesi prospektif lainnya adalah sebagai konsultan sektor Islamic finance maupun wirausahawan syariah.

Kurikulum Program Studi Sarjana Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah disusun mengacu kepada Visi dan Misi Program Studi, yang disusun secara bersama dengan stakeholder meliputi industri perbankan syariah. Diawali dari workshop kurikulum yang melibatkan industri perbankan syariah, lembaga pendidikan yang telah berpengalaman mengelola pendidikan perbankan seperti Lembaga Pengembangan Perbankan Indonsia (LPPI) dan Muamalat Institut (MI), STEI Tazkia, dan bank syariah yaitu Bank Syariah Mega, disusun kompetensi yang ada di industri. Dengan mengacu kepada SK Mendiknas RI nomor 045 tahun 2002, disusun Struktur Kurikulum dan dibagi atas lima kelompok mata kuliah yaitu: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Ketrampilan (MKK), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), Mata Kuliah Berprilaku Kehidupan Bermasyarakat (MBB), dan Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB). Struktur kurikulum dilengkapi dengan modul-modul, dalam bentuk buku ajar. Dalam pelaksanaannnya diawali dengan rancangan SAP dan GBPP serta mekanisme evaluasi yang dilakukan setiap akhir semester. Kurikulum juga dirancang berdasarkan relevansi dengan tujuan program studi, serta memuat cakupan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terciptanya hard skill dan keterampilan kepribadian serta perilaku (soft skill) yang dibutuhkan oleh industri.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN AKUNTANSI (AKT)

Program Studi akuntansi S-1 Terapan dimulai pada tahun 2013. Kompetensi lulusan Program Studi S-1 Terapan Akuntansi Keuangan adalah memiliki kemampuan memahami konsep akuntansi keuangan secara komprehensif, memiliki kemampuan praktis dalam bidang akuntansi keuangan yang meliputi menyelesaikan siklus akuntansi dengan benar sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku, menerapkan sistem teknolgi informasi dalam pengelolaan transaksi keuangan dan bisnis, menyusun dan mengevaluasi anggaran dengan baik, tepat, dan benar, menghitung harga pokok produk dan jasa dengan tepat dan benar, membuat dan merancang sistem informasi akuntansi dan aplikasi program akuntansi, menyelesaikan pekerjaan akuntansi dan administrasi perpajakan dengan baik, tepat, dan benar, melakukan analisis serta pemeriksaan akuntansi atas transaksi dan laporan keuangan, mampu mengembangkan bakat kewirausahaan dengan dilandasi etika dan kepribadian yang baik dalam kegiatan produktif dan dalam berinteraksi dengan masyarakat/lingkungannya.

Lulusan S-1 Terapan Akuntansi memiliki peluang mengisi posisi setingkat manajer dalam bidang akuntansi, keuangan maupun pajak, baik di industri manufaktur, perdagangan, industri keuangan, industri jasa, instansi pemerintah, sektor publik. Lulusan S-1 Terapan Akuntansi PNJ dapat pula mengembangkan profesinya ke jalur Profesi Akuntan.

Secara umum profesi atau pekerjaan yang dapat digeluti lulusan sarjana terapan akuntansi diantaranya adalah Auditor, Konsultan Pajak, Manajer Keuangan, Dosen, Akuntan Publik, Bagian Perpajakan, Staff Accounting, Akuntan Pendidik, Akuntan Pemerintah, Coorporate Secretary, Manajer Accounting, Analis Sistem Informasi Akuntansi, Enterpreneur di berbagai bidang usaha.

STUDI S-1 TERAPAN KEUANGAN DAN PERBANKAN (KPT)

Program Studi S-1 Terapan Keuangan dan Perbankan merupakan pendidikan vokasi yang menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yg mengacu pada KKNI. Job position Program Studi S-1 Terapan Keuangan dan Perbankan sesuai KKNI menempati level 6 yang kemampuan lulusannya setelah menempuh pendidikannya di politeknik adalah sebagai manajer Pemasaran, Account Officer, Funding Officer, Manajer Operasional , Asisten manajer Operasional, Supervisor Administrasi Kredit, Supervisor Dana dan Jasa (DJS), Dealer Broker , Treasurer, Wakil Pemimpin cabang, Pimpinan Cabang

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN MANAJEMEN KEUANGAN

Program Studi S-1 Terapan Manajemen Keuangan didirikan pada tahun 2014, bertujuan menghasilkan lulusan kompeten di bidang manajemen keuangan, memiliki pemahaman pengetahuan, konsep-konsep dan praktek nyata manajemen keuangan yang mendasar.

Mata kuliah inti yang diberikan antara lain, Akuntansi, bahasa Inggris, Manajemen Investasi, Analisa Laporan Keuangan, Pasar Modal. Mahasiswa dibekali pula pengetahuan dasar dan praktek yang memadai pada on-the-job training. Prospek posisi pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan adalah pada tingkat manajemen, antara lain sebagai manajer keuangan dan manajer investasi.

JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS

Jurusan Administrasi Bisnis berdiri tahun 1986 bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyelia atau pelaksana dalam bidang Administrasi Bisnis, Public Relations, Professional Congress, Organizer, Professional Exhibiton Organizer, dan Event Organizer pada umumnya. Sampai saat ini Jurusan Administrasi Bisnis memiliki tiga program studi.

Pada tahun 2005/2006, dibuka Program Sarjana Sains Terapan atau Diploma 4 MICE, berdasarkan SK Dikti No 178/D/T/2005 tanggal 25 Mei 2005, Jurusan Administrasi Niaga, memperoleh izin penyelengaraan Program Studi S-1 Terapan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), bekerja sama dengan INCCA (Indonesia Congress and Convention Association). Pada tahun 2012/2013, PNJ membuka Program Studi S-1 Terapan Administrasi Bisnis, yang didukung oleh AIABI (Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia) dan beberapa perusahaan nasional seperti: Bank Mandiri, Bank Muamalat, PT Bayer Indonesia, PT Tirta Investama (AQUA), PT Indopelita Aircraft Servicies, dan lain-lain.

PROGRAM STUDI D-3 ADMINISTRASI BISNIS (AB), akreditasi A

Program Studi Administrasi Bisnis merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, berdiri tahun 1986, menghasilkan tenaga Ahli Madya yang profesional dalam bidang administrasi pada umumnya, dan administrasi perusahaan khususnya, yang berorientasi pada kebutuhan dunia usaha dan industri.

Kurikulum berbasis kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha dan industri, selain itu unggul dalam hal penggunaan teknologi informasi dan penguasaan Bahasa Inggris. Berdasarkan Keputusan BAN PT No. 013/BAN-PT/Ak-X/Dipl-III/VIII/2010 Program Studi Administrasi Bisnis memperoleh nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sampai dengan 20 Agustus 2015.

Para lulusan diharapkan mampu menangani pekerjaan klarikal kantor secara efektif dan efisien, dapat mengelola sarana prasarana kantor, memperoses data secara akurat, berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, mengelola informasi untuk menunjang pekerjaan kantor, mengelola organisasi pada level taktis operasional, serta memiliki semangat kewirausahaan. Kompetensi lulusan adalah memiliki kemampuan mengelola kegiatan kesekretariatan dan administrasi kantor, memiliki kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, memiliki kemampuan menggunakan komputer dan teknologi yang lain untuk menunjang pekerjaanya, memiliki kemampuan dalam bidang membina customer relation, memiliki kepribadian yang tangguh, sikap mental yang positif, jujur, bertanggung jawab, dan disiplin, memiliki kemampuan untuk berwirausaha.

Prospek profesi lulusan, lulusan dapat bekerja dalam bidang industri manufaktur, perdagangan, institusi pemerintah dan lainnya dengan posisi antara lain sebagai Asisten Manajer Kantor, Penyelia Kantor, Sekretaris, staf Administrasi ataupun berwirausaha.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibiton), akreditasi B

Tujuan Program Studi Sarjana Terapan MICE diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia profesional di bidang Meeting, Incentive, Convention Exhibition yang diterima di pasar tenaga kerja, baik masa kini maupun masa yang akan datang. Keunggulan dari program studi ini yaitu telah memenuhi peraturan terkait kurikulum seperti yang tercantum pada KKNI MICE dan Perpres No. 8/2012, maka kurikulum PS MICE sudah menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang mengacu pada KKNI bidang MICE, sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri MICE.

Kualifikasi lulusan program studi ini mampu merencanakan dan menyusun proposal event dan bid, mampu menyusun acara suatu event, mampu merancang, menetapkan dan mengevaluasi rencana kegiatan sponsorship, mampu menyusun, menerapkan dan memonitor system dan prosedur event management, mampu mengkoordinir kegiatan registrasi bagi delegasi di lokasi event, mampu menyediakan/melaksanakan pelayanan yang profesional pada saat event berlangsung, mampu memproses dan memonitor pelaksanaan registrasi pada saat event, mampu menyelenggarakan kegiatan ramah-tamah dan jamuan makan (function), mampu merencanakan dan mengkoordinir kegiatan budaya.

PROGRAM STUDI S-1 TERAPAN ADMINISTRASI BISNIS (ABT)

Program Studi Sarjana Terapan berdiri tahun 2012 berdasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 212/E/O/2012 sebagai respon terhadap permintaan tenaga terampil dalam bidang Administrasi Bisnis. Selain itu, program ini dirancang untuk mampu menjawab tantangan dan manfaat setiap peluang bisnis baik ditingkat nasional maupun global di era globalisasi. Keseimbangan antara hard skill dan soft skill menjadi tujuan penyelenggaran program Sarjana Terapan Administrasi Bisnis.

Prospek lulusan, sebagai pelaku bisnis, para lulusan Program Studi S-1 Terapan Administrasi Bisnis diharapkan dapat melihat persoalan bisnis secara lebih holistic, pemecahan masalah lebih kreatif, mampu menganalisis dan mensisntesis konsep untuk pemecahan masalah, sehingga memiliki kemampuan sebagai pelaku bisnis. Sebagai profesional bisnis, lulusan PS S-1 Terapan Administrasi Bisnis juga diarahkan menjadi profesional di bidang bisnis yang memiliki business leadership dan business thinking yang kuat di bidang pemasaran, keuangan, akuntansi, operasi, produksi dan sumber daya manusia.

Profesi yang dapat digeluti oleh alumni S-1 Terapan Administrasi Bisnis antara lain: Staf Keuangan, Analis Kredit, Sales Supervisor, Marketing Officer, Human Resources Development, Public Relation Officer, Konsultan Manajemen, dan berbagai profesi lain dalam bidang bisnis. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis juga mempersiapkan lulusannya untuk mampu menjadi wirausahawan yang handal.

JURUSAN TEKNIK GRAFIKA DAN PENERBITAN

Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan berdiri tahun 1990, menyiapkan sumber daya manusia menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyelia atau pelaksana dalam bidang grafika, penerbitan, dan pencetakan naskah untuk media elektronik dan cetak.

PROGRAM STUDI D-3 TEKNIK GRAFIKA (TG), terakreditasi B

Program Studi Teknik Grafika dirancang sebagai pendidikan vokasi D-3, menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian dan keterampilan teknologi cetak yang meliputi pracetak, produksi cetak, dan pascacetak. Kurikulum yang dirancang terintegrasi dengan perkembangan teknologi modern di industri grafika berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan.

Lulusan pun memiliki kemampuan wirausaha di bidang industri kreatif. PS Teknik Grafika ditunjang fasilitas praktik produksi yang lengkap mulai dari mesin konvensional sampai dengan mesin cetak digital, laboratorium ilmu bahan grafika, simulator cetak, mesin cetak offset satu warna, dua warna dan empat warna, mesin finishing cetak. Dengan dukungan tenaga pengajar dari akademisi dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya, maka PS Teknik Grafika menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhanindustri grafika. Lulusan program studi ini mempunyai kompetensi menguasai bidang pracetak, produksi cetak, pascacetak, pemasaran dan bisnis wirausaha di bidang grafika. Prospek Karir lulusan bekerja di berbagai sektor seperti perusahaan percetakan, penerbit surat kabar, penerbit majalah, penerbit buku, kehumasan, biro iklan, dan wirausaha mandiri, dapat berkarir sebagai Penyelia Pracetak, Penyelia Produksi Cetak, Penyelia Pascacetak, Wirausahawan Bidang Cetak.

KONSENTRASI DESAIN GRAFIS (DG)

Program Desain Grafis dirancang sebagai pendidikan vokasi D-3, menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan merancang logo, branding, bahan penerbitan, desain kemasan, literatur promosi, dan media kehumasan. Mahasiswa akan mempelajari semua aspek teori baik media analog maupun digital yang terdapat pada desain buku, majalah, surat kabar, dan berbagai bentuk media komunikasi lainnya.

Kompetensi lulusan Desain Grafis adalah sebagai animator, media planner, copy writer, visual merchandiser, ilustrator, dan desainer grafis. Lulusan mampu menciptakan dan mengangkat kekayaan budaya lokal melalui desain grafis untuk diaplikasikan ke dalam industri kreatif seperti penerbitan, percetakan, periklanan, film, televisi.

Lulusan mampu merencanakan dan mengelola usaha berbasis produksi dan kewirausahaan di bidang industri desain grafis. Profil Lulusan Program Studi Desain Grafis disiapkan menjadi Ahli Madya Desain Grafis yang memiliki keahlian mendesain berbagai media analog dan media digital untuk industri kreatif di berbagai bidang. Prospek Karir adalah sebagai Desainer Grafis, Direktur Seni, Editor Grafis, Wirausahawan Desain Grafis.

PROGRAM STUDI D-3 PENERBITAN/JUNALISTIK (PB), terakreditasi B

Program Studi Penerbitan dirancang sebagai pendidikan vokasi D-3, menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan keterampilan menyiapkan berbagai bentuk dan jenis naskah sesuai dengan kebutuhan industri kreatif. Program studi ini memberikan kompetensi dalam bidang penulisan, reportase berita, penyuntingan naskah, manajemen editorial, penerbitan online, dan pemasaran seperti buku, majalah, dan surat kabar. Program Studi Penerbitan didukung dengan fasilitas yang lengkap berupa laboratorium penerbitan, laboratorium fotografi, dan laboratorium komputer dengan fasilitas personal computer (PC) dan Macintosh, sehingga mendorong tumbuhnya daya kreasi dan inovasi mahasiswa menulis dan menyunting naskah, serta menghasilkan berbagai produk terbitan yang bernilai dan berkualitas.

Didukung tenaga pengajar yang berpengalaman akademis dan industri, kurikulum berbasis produksi dan kewirausahaan, PS Penerbitan menghasilkan lulusan sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri. Lulusan memiliki kompetensi dalam menulis dan menyunting naskah untuk industri penerbitan, periklanan, dan penyiaran. Lulusan mampu merencanakan dan mengelola usaha penerbitan berbasis produksi dan kewirausahaan. PS Penerbitan menghasilkan Ahli Madya Penulis, reporter, Editor, dan menjadi entrepreneur di bidang Penerbitan Media Kreatif. Prospek karir Program Studi ini sebagai Proof Reader, Copy Writer, Copy Editor, Penulis, Reporter.